Jumat, 24 Juni 2011

Tips Joomla 1 mengenal posisi module pada template joomla

Tata letak dan posisi konten situs Joomla  ditentukan oleh thempalet yang kamu gunakan. Di bawah ini screenshort untuk thempalte standar bawaan Joomla. kamu akan menemukan penjelasan singkat dari setiap item di bawah gambar. Ini akan membantu kamu  lebih memahami struktur dan konsep-konsep kunci dari sebuah situs Joomla layout dan bagaimana cara mengubahnya. 
Penjelasan Joomla frontpage 
Posisi yang tersedia di Joomla didefinisikan oleh template yang kamu gunakan. Dalam tutorial ini kita akan menampilkan posisi 1-10 di salah satu template default Joomla yang disertakan dalam paket instalasi resmi. Untuk mengubah posisi modul tertentu, kamu  dapat mengaksesnya dari Extensions ->halaman  Module Manager , kemudian mengubah "Posisi" pengaturan. Yang paling sering digunakan nama posisi paling atas, user1 untuk user6, kiri, kanan, header, footer, remah roti, dan newsflash.
1. Posisi paling atas "top" situs Joomla yaitu  "Banner" dan "Newsflash" modul ditempatkan secara default.
Banner modul yang memungkinkan kamu untuk meng-upload gambar dan  ngelink ke URL yang kamu inginkan. kamu dapat menggunakan  iklan banner dari Components -> Banners dan kemudian menampilkan item yang dipilih dengan menerbitkan "Banner" modul dari Extensions -> Modul halaman Manajer di area administrasi Joomla kamu.
Newsflash modul yang menampilkan satu artikel secara acak, atau sejumlah artikel dalam konfigurasi horisontal maupun vertikal. Dari area administrasi Joomla kamu  Anda dapat memilih kategori artikel yang akan ditampilkan oleh modul ini.
2. "Top menu" Modul ini diterbitkan ke dalam "user3" posisi secara default. Anda dapat dengan mudah membuat dan mengatur menu dari Menu -> halaman Menu Manager . kamu kemudian dapat mengatur "Top menu" modul untuk menampilkan menu yang baru saja kamu buat.
3."Breadcrumbs" modul ditempatkan ke dalam posisi "breadcrumb" . Ini adalah metode navigasi yang nyaman  yang menampilkan halaman yang sedng dijelajah oleh pengunjung. Jika kamu berada di halaman yang dinamakan "Contoh Halaman" yang berada di bawah menu utama, yang "Breadcrumbs" akan menampilkan Home -> Sample Page. Menggunakan Breadcrumbs sangat berguna terutama ketika kamu memiliki multi-level menu.
4. Search "Cari" modul yang diterbitkan dalam "user4" posisi dari template. Ini memberikan kamu pilihan kepada pengguna untuk mencari di dalam konten website kamu.
5. Beberapa modul yang diterbitkan di posisi  left "kiri"  dari template. Dalam posisi ini kamu dapat mempublikasikan vertikal menu, form login dan banyak modul lain tergantung pada kebutuhan khusus kamu.
6."Latest News" Modul ini diterbitkan ke dalam posisi "user1"  dari template. Ini akan menampilkan artikel terbaru sari web kamu. Selain itu, kamu dapat menentukan jumlah artikel yang akan ditampilkan, tergantung pada preferensi kamu.
7."Popular" Modul ini diterbitkan ke dalam posisi "user2" i dari template. Ini akan menampilkan artikel yang sering dibaca/dibuka oleh pengunjung. kamu dapat memilih kategori dari artikel yang akan ditampilkan atau kamu dapat mengatur modul untuk menampilkan artikel yang paling sering dikunjungi di seluruh situs.
8. Ini adalah bagian utama situs Web kamu. untuk ditampilkan di bagian depan situs kamu
9. "Polling" Modul ini diterbitkan ke dalam posisi kanan "right"  dari template. kamu dapat membuat jajak pendapat dengan pengunjung. Setelah kamu membuat polling, kamu dapat memilih mana yang ingin ditampilkan di situs Web kamu dengan mengedit preferensi dari "Polling" modul dari "Modul manajer".
10. "Banner" dan "Footer" modul akan ditampilkan dalam 
posisi "footer"  dari template. kamu dapat menggunakan "Footer" modul untuk menampilkan link yang berguna,  hak cipta dan informasi berguna lainnya di bagian bawah halaman web kamu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar